Senin, 13 Juli 2015

Makanan dan Minuman Yang Menyehatkan Ginjal


Makanan dan Minuman Yang Menyehatkan Ginjal




Makanan dan Minuman Yang Menyehatkan Ginjal - Seperti yang banyak diketahui, asupan makanan dapat menjadi salah satu faktor berbagai keluhan kesehatan. Asupan makanan memang memengaruhi kesehatan tubuh. Asupan yang baik akan membuat tubuh menjadi sehat, begitupun sebaliknya. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang menyehatkan ginjal karena tidak memperberat kerja ginjal dan memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan, tertama kesehatan ginjal.

Makanan Yang Menyehatkan Ginjal
  1. Putih telur. Jika ginjal bermasalah, Anda butuh protein yang rendah fosfor. Maka dari itu sebaiknya Anda menikmati putih telur dan menjauhi bagian kuningnya.
  2. Kembang kol. Penderita gangguan ginjal juga disarankan memakan kembang kol. Sebab sayuran yang satu ini mengandung indole, glucosinolate, dan thiocyanate yang berfungsi menyingkirkan racun dari dalam tubuh.
  3. Ikan. Lemak omega-3 dalam ikan adalah anti inflamasi yang baik untuk ginjal. Ikan pun kaya akan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.
  4. Bawang. Baik itu bawang putih dan bawang merah bagus untuk kesehatan ginjal. Bawang putih mengandung antioksidan dan anti-pembekuan, mengurangi resiko penyakit jantung, anti peradangan, dan mampu mengurangi kolesterol jahat. Sedangkan bawang merah mampu membersihkan ginjal dan bisa menjadi penawar racun. Bawang merah juga bisa menjadi obat batu ginjal yang alami.
  5. Beri dan Ceri. Keluarga beri seperti stroberi, cranberi, raspberi, dan bluberi sangat bagus untuk ginjal karena mengandung anti-inflamasi sehingga bisa mencegah dan mengurangi peradangan, manfaat bagus lainnya ialah mampu meningkatkan kandung kemih, yang tentu saja hal ini akan menguatkan ginjal. Ceri mengandung banyak vitamin tapi dengan kandungan protein rendah. Ceri juga bagus untuk mengurangi kadar kalium dalam tubuh (bahan batu ginjal) dan meningkatkan kesehatan ginjal.
  6. Kubis dan Kecambah. Manfaat kecambah bagi ginjal ialah kemampuannya membersihkan ginjal sehingga mengurangi kemungkinan terbentuknya batu ginjal. Untuk kesehatan ginjal, sebaiknya konsumsi kecambah tanpa dimasak terlebih dahulu. Sementara itu, kubis, juga sudah menjadi obat alami bagi ginjal karena mampu memperbaiki dan menyehatkan ginjal.
  7. Apel dan Paprika. Paprika mengandung banyak vitamin (A, C dan B6), asam folat dan serat, tetapi rendah kalium sehingga bagus untuk menjaga ginjal tetap sehat dan juga mencegah beberapa jenis kanker. Untuk menunjang paprika, apel mempunyai manfaat yang bagus dalam hal detoksifikasi dan membersihkan ginjal. Namun dalam konsumsi apel, sebaiknya rutin setiap hari agar mendapatkan manfaat tersebut.
  8. Minyak ikan dan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung anti peradangan dan menurunkan oksidasi dan berkhasiat bagi ginjal. Begitu juga dengan minyak ikan. Minyak ikan mengandung omega-3 yang mampu mengurangi peradangan dan melindungi ginjal dari penyakit. Ada banyak jenis minyak ikan yang bisa jadi sumber omega-3 seperti salmon, tuna, makarel, herring, dan lain-lain. sebagainya

Minuman Yang Menyehatkan Ginjal:
  1. Jus
    Baik itu jus buah atau jus sayur, keduanya bisa membantu proses pemecahan limbah makanan. Sementara itu, jus sayur sendiri punya fungsi dialisis atau pencuci darah yang baik. Tentu saja hal itu membuat jus buah dan sayur sebaiknya dikonsumsi demi memiliki ginjal yang sehat.
  2. Angur Merah
    Dalam hasil penelitian yang dilakukan oleh National Kidney Foundation mengungkap bahwa anggur merah sangat bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Selain menjaga kesehatan ginjal, anggur merah juga dikatakan mampu melindungi jad menjaga kesehatan jantung. Minum 1 gelas anggur merah setiap hari diklaim mampu menurunkan resiko terkena penyakit ginjal kronis hingga 37% dibanding orang-orang yang tidak minum anggur merah sama sekali. Sangat dianjurkan untuk memilih anggur merah yang halal.
  3. Minum Jus Cranberry
    Cranberry diketahui memiliki senyawa yang mampu membunuh bakteri E. Coli. Bakteri tersebut merupakan penyebab utama infeksi saluran kemih. Sehingga dengan meminum Jus Craberry setiap hari bisa mengurangi resiko terkena infeksi saluran kemih. Jika saluran kemih terinfeksi terlalu lama, maka lambat laun ginjal pun akan ikut terinfeksi.
  4. Minum Jus Jeruk
    Siapa sangka jus jeruk memiliki manfaat yang besar bagi ginjal. Di dalam jus jeruk terdapat sitrat yang sangat bagus untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Namun jika terlalu banyak memasukan gula pada jus jeruk. Efek yang ditimbulkan justru sebaliknya, jus jeruk akan jadi pemicu utama pembentukan batu ginjal.

Demikianlah makanan dan minuman yang menyehatkan ginjal. Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga bermanfaat!

Makanan dan Minuman Yang Menyehatkan Ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar